KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
SMP/MTs
KELAS:
VIII
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menentukan pola pada barisan bilangan dan
barisan konfigurasi objek
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
3.3 Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi
dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram,
dan persamaan)
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
|
3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan
menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua
variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel
|
3.6 Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
3.7 Menurunkan rumus untuk menentukan keliling
dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran
|
3.8 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan
luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
|
3.9 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
|
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
|
3.10 Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prima dan limas),
serta gabungannya
|
3.11 Menjelaskan hubungan antara diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar
|
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun
ruang sisi datar menggunakan hubungan diagonal ruang, diagonal bidang, dan
bidang diagonal
|
3.12 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai
rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
4.12 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai
rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
3.13 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian
dari suatu percobaan
|
4.13 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu
kejadian dari suatu percobaan
|
No comments:
Post a Comment